Blog

“TEKNOLOGI UNTUK MENDUKUNG PROSES BELAJAR MENGAJAR” Program Literasi Digital Segmen Pendidikan Jawa Barat 2024

MANUVERNEWS.COM | BEKASI – Kemenkominfo bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi menyelenggarakan kegiatan nonton bareng “Cakap Digital” demi meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Pemerintah Kabupaten Bekasi mengadakan kegiatan nonton bareng dengan judul “Cakap Digital,” pada 4 Maret 2024 di Gedung PGRI Tambun, Kabupaten Bekasi.

Acara ini diadakan dalam rangka meningkatkan tingkat Literasi Digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital. Peserta yang akan mengikuti kegiatan ini merupakan para pelajar di Kabupaten Bekasi.

Berdasarkan hasil survey, Indeks Literasi Digital Nasional pada 2022 naik sebesar 0,05 poin menjadi 3,54 dari capaian indeks di tahun 2021. Ada tiga pilar yang meningkat, yaitu Pilar 1 (Digital Skill) naik sebesar 0,08 poin, Pilar 2 (Digital Ethics) naik sebesar 0,15 poin, dan Pilar 3 (Digital Safety) naik 0,02 poin. Namun Pilar 4 (Digital Culture) menurun sebesar 0,06 poin. Pola pada pilar ini tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya.

Secara umum urutan pada tiap indikator memiliki urutan yang sama walaupun terdapat kecenderungan penurunan pada tiap indikator pada indikator teratas. Seperti penyesuaian cara berkomunikasi agar kedua pihak tidak tersinggung mengalami penurunan dari 3,82 (tahun 2021) menjadi 3,81 (tahun 2022). Sedangkan indikator dengan nilai indeks terendah cenderung mengalami kenaikan.

Seperti keterbiasaan mencari tahu apakah informasi yang ditemukan di website benar atau salah naik dari 3,05 (tahun 2021) menjadi 3,25 (pada 2022).

Walaupun secara umum terdapat kenaikan indikator, namun pengetahuan responden mengenai perangkat keras dan lunak mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Pengetahuan perangkat keras mengalami sedikit penurunan dari 49% menjawab benar, menjadi 42% menjawab benar. Begitu juga pengetahuan tentang perangkat lunak yang mengalami penurunan dari 48% menjawab benar, menjadi 45% menjawab benar.

Kegiatan Literasi Digital Sektor Pendidikan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024. Kegiatan Nobar akan dihadiri oleh Pj Bupati Kabupaten Bekasi sebagai Keynotespeech, dan pembahasan empat pilar literasi digital akan dibawakan oleh Virna Liem selaku CEO dari Sobat Cyber Indonesia, Aribowo Sasmito selaku Co-Founder & Fast Check Specialist, serta Kepala dinas pendidikan Kabupaten Bekasi yaitu Bapak Imam Faturochman, S.T.,M.Si.

Adapun Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fan Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo serta website info.literasidigital.id. (Budi Hermawan)

Related posts

LSM JAPMI Akan Segera Laporan Proyek Gedung Squash Yang Diduga Tidak Memiliki Izin Lengkap dan Dikerjakan Asal Jadi,

Admin Manuver News

Kementan Ratusan Importir Bawang Putih Yang Tidak Laksanakan Wajib Tanam

Admin Manuver News

Maksimalkan Terciptanya Atlit Profesional, Disbudpora Kabupaten Bekasi Pastikan Pembangunan Lapangan Squash Rampung 2024.

Admin Manuver News

Leave a Comment